Jambi International Ethno Music Composer Forum

20131201-111758.jpg

Riau Rhythm Chambers Indonesia Ethno Contempo, setelah melakukan pementasan di Indonesia Performing Arts Market di panggung Teater Salihara Jakarta, 13 – 15 November 2013 lalu, kini kelompok musik yang sudah berdiri 12 tahun tunak di jalur musik yang di dirikan oleh composer Rino Dezapati. Mby, Hari Sandra Hs dan Alyusra pada tahun 2001 hingga sekarang, meneruskan concert keliling untuk pementasan “1st Jambi International Ethno Music Composer Forum 2013” tanggal 3 – 4 Desember ini.

RRCI yang berjumlah 9 orang musisi asal Riau : Rino Dezapati, Cendra Putra Yanis, Viogy Rupiyanto, Tito Aldila, Rizki Habibulah, fitrah giring, Violano Rupiyanto, Aristofani, Raja Tarmizi, mulai melakukan workshop karya bersama untuk detail karya dan pemahaman warna bunyi per instrument. Konsep musik serius ini, karya – karya terbaru dari Composer Rino Dezapati yang mengangkat tema 4 sungai yang ada di riau dimana menjadi alur tema musik yang kita angkat dari syair – syair ketulusan hati dan jiwa masyarakat pedesaan, kita terjemahkan kedalam bentuk konsep pertunjukan musik.

Proses waktu yang lumayan panjang untuk mengadaptasi tiap – tiap seni musik tradisi asli ini kedalam komposisi musik yang di awali dari proses riset, tulisan hingga proses penggarapan komposisi musik ini. Ada beberapa tulisan tentang cerita-cerita menarik di dalam syair ini, namun kita memilih syair yang tidak terlalu panjang untuk kebutuhan di atas panggung, sehingga syair ini bisa utuh dalam komposisi musik dan tidak perlu sepenggal – sepenggal apabila kami membawa syair yang panjang untuk dipentaskan.

80 persen musik riau menjadi konsep riau rhythm, hampir seluruhnya menggunakan instrument riau. Selain kita memainkan instrument eropa dan instrument asli indonesia. Gambus, talempong dan gong sebagai instrumen utama dalam konsep bermusik. Nada-nada yg dimainkan terdiri dari nada original menjadi tawaran awal, hingga eksplorasi accelerando, di akhir karya. Rhythm Struktur musik yang berhubungan dengan ketukan tempo dan ketukan yang asli dari pola rhythm riau. Konsep 4 sungai yg saling berhubungan menjadi pijakan karya ini. Consanance dalam irama musik tradisi di wilayah rural dan di uraikan dalam konsep counterpoint yang intens dalam bahagian karya ethno contempo.

  • Sungai kampar (laut embun dulu nya),
  • Sungai siak (sungai jantan dulu nya),
  • Sungai kuantan (sungai koruh;keruh dulu nya)
  • Sungai rokan (sungai kelemunting dulu nya).

Menurut Jefri Pasaribu panitia dan kurator Jambi International Ethno Music Composer Forum ; Agenda ini dimaksudkan untuk membangun kerjasama artistik antara pemusik etnik Jambi dengan pemusik daerah lain di Indonesia dan pemusik etnik dari manca negara.
Selain itu juga dimaksudkan untuk membangun jaringan yang lebih luas dan mengikat antara musisi etnik Jambi dan musisi etnik dari manca negara. Pada pelaksanaan jambi International Ethno Music Composer Forum 2013 ini akan hadir :

  • Lee Min Young, Kim Soo Jong Cs (Korea Selatan)
  • Nakayoushi, Hasuada Ai Sensei (Jepang)
  • Apostolos Kostritsis, Dora Gyoifi (Yunani)
  • Victor Hugo Hidalgo martinez, Lianeza Ariaz Medellin (Meksiko)
  • kelompok GGG (Solo, Indonesia)
  • Ilok Rupo (Kerinci, Jambi, Indonesia)
  • Ngurak Silo (Muaro Jambi, Indonesia)
  • Riadussholihin (Kota Jambi, Indonesia)
  • Ara’sy (Kota Jambi, Indonesia)
  • Talang Sirompak (Padang Panjang, Indonesia)
  • Semarak Parads (Bengkulu, Indonesia)
  • Riau Rhythm Chambers Indonesia (Riau, Indonesia)

 

Invitation untuk berada di main stage concert, di undang langsung oleh pihak penyelenggara “JIEMCF” kepada Riau Rhythm Chambers Indonesia.
Dimana Hari Sandra Hs selaku Director Malay Music Institute (MMI) lembaga konservasi musik melayu Riau, sebagai project leading Riau Rhythm Chambers Indonesia Ethno Contempo, team management RRCI Odjy Fadil dan Astrianitha zaenal juga bersama team konseptor yang terdiri dari Tuan Al Azhar, Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Riau, budayawan Riau dan juga duduk sebagai Ketua Asosiasi Tradisi Lisan Indonesia (ATL), Yoserizal Zein, Kepala Museum Provinsi Riau serta O.K Pulsiamitra, Kepala Taman Budaya Riau.

Sumber : http://jambimusicforum.wordpress.com/

Advertisements

One thought on “Jambi International Ethno Music Composer Forum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s