Music Tour 2014, Jejak Suara Suvarnadvipa – Pekanbaru [1]

Riau Rhythm Chambers Indonesia kembali membuktikan kualitas musik mereka lewat konser yang bertajuk Jejak Suara Suvarnadvipa. Konser ini akan diselenggarakan di 10 kota di Indonesia dengan Pekanbaru sebagai kota pertamanya. Kota-kota lain yang tercatat dalam daftar perjalanan grup musik yang sukses memukau penonton di Indonesia Performing Arts Market November 2013 lalu ini adalah Surabaya, Solo, Jogjakarta, Jakarta, Serang, Bandung, Medan, Padang Panjang, dan Tanjung Balai Karimun.

DSC05619Suvarnadvipa adalah istilah yang digunakan oleh orang India untuk menyebut dataran Sumatera. Konon katanya, dataran ini kaya akan kekayaan alamnya, salah satunya emas. Di konser Jejak Suara Suvarnadvipa ini, penonton akan dihibur dengan sajian repertoire yang sarat akan makna dan sejarah. Total ada 8 repertoire yang dimainkan oleh teman-teman Riau Rhythm Chambers Indonesia di konser ini, dan semua repertoire itu luar biasa indah dan keren!

Repertoire pertama sekaligus sebagai pembuka dari konser ini diberi judul Sound of Suvarnadvipa. Repertoire ini mengisahkan tentang Suvarnadvipa yang konon katanya adalah dataran Sumatera yang kaya, subur dan banyak emasnya. Repertoire Sound of Suvarnadvipa didominasi dengan permainan calempong, biola, dan cello. Di repertoire ini juga ada aksi sang vokalis, Giring Fitrah, yang sedang membaca mantra dan bercerita layaknya orang Kampar, atau yang dalam tradisinya dikenal sebagai Buong Gasyong (legenda cerita Kampar).

Usai pertunjukkan repertoire pertama yang membuat penonton terpukau, Rino Dezapati sebagai salah satu founder Riau Rhythm menyapa penonton yang hadir dengan jokes ringannya dan penjelasan singkat tentang Suvarnadvipa. Tidak lama berbasa-basi, bang Rino dan teman-teman Riau Rhythm kembali membuat penonton terpukau dengan pertunjukan repertoire kedua yang berjudul Langka Puri. Langka Puri berkisah tentang seekor elang kapur raksasa yang konon katanya menjaga Suvarnadvipa. [ To Be Continued]

Contribute by : Lianda Marta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s